Gerakan Pramuka menyelenggarakan berbagai kegiatan yang disesuaikan dengan kebutuhan dan perkembangan jiwa peserta didik sebagai upaya pencapaian tujuan akhir proses pembinaan yaitu pembentukan watak. Sesuai dengan tujuan akhir tersebut, maka salah satu kegiatan bagi Pramuka Penegak dan Pandega adalah Raimuna.

Raimuna berasal dari bahasa Ambai, Yapen Timur, kabupaten Yapen Waropen, Papua. Kata Raimuna merupakan gabungan dua kata yaitu Rai dan Muna. Rai berarti sekelompok orang yang berkumpul untuk mencapai tujuan tertentu yang ditetapkan bersama. Sedangkan Muna adalah daya kekuatan jiwa seseorang yang berpengaruh baik dalam mencapai kesuksesan. Dengan demikian, raimuna memiliki arti sekelompok orang yang hidup dalam suatu kekuatan dengan dijiwai oleh sesuatu daya kekuatan yang selalu memberi semangat tinggi dalam mencapai tujuan.






Pelaksanaan Raimuna dimulai dari Nasional hingga ranting, yang peserta nya adalah Pramuka Penegak dan Pandega, yaitu dimulai dari usia 16 sampai dengan 25 tahun. Raimuna inilah sebagai sarana memberi kesempatan dan kepercayaan kepada Pramuka Penegak dan Pandega untuk belajar serta menambah pengalaman dalam menyelenggarakan acara pertemuan besar dari, oleh dan untuk para Pramuka Penegak dan Pandega di bawah bimbingan dan pengawasan Pembina serta tanggung jawab Kwartir yang bersangkutan.

Pada perhelatan Raimuna di Jawa Barat, DKD jawa Barat sudah melaksanakan untuk yang ke 12 kali, yang terakhir dilaksanakan pada tahun 2012 bertempat di Bumi Perkemahan Kiarapayung – Sumedang.

Pada kesempatan pelaksanaan Raimuna Jawa Barat yang ke-13 ini DKD jawa Barat mengambil tema Generasi Berprestasi Yang Mampu Berdaya Saing Untuk Pembangunan Negeri, dengan jargon “Bersaing atau tenggelam”, yang artinya bahwa Pramuka Penegak dan Pandega harus bisa bersaing untuk kedepanya seiring dengan era Modernisasi nya zaman sekarang, dengan demikian Pramuka harus produktif dan unggul di segala bidang.

Dengan demikian kami mengajak Pramuka di Jawa Barat untuk bisa aktif berpartisipasi pada kegiatan 5 tahunan ini yang akan dilaksanakan pada tanggal 7 s.d. 14 November 2017 mendatang.